RESENSI BUKU
IDENTITAS BUKU
Judul Buku : Kurikulum Dan
Pembelajaran
Penulis : Prof. Dr. H. Wina Sanjaya, M.Pd.
Penerbit : Kencana Prenada
Media Group
Cetakan : Ke-lima, 2013
Jumlah hlm : xviii, 382 hlm
Jumlah bab : 4 (empat) bab
Ukuran buku : 15 X 28 cm
Harga buku : Rp. 90.000
ULASAN BUKU
Isi Buku
Kurikulum
adalah sebuah dokumen perencanaan yang berisi tentang tujuan yang harus
dicapai, yaitu isi materi dan pengalaman belajar yang harus dilakukan siswa ,
strategi dan cara yang dapat dikembangkan, evaluasi yang dirancang untuk
mengumpulkan informasi tentang pencapaian tujuan, serta implementasi dokumen
yang dirancang dalam bentuk nyata.
Pembelajaran
adalah : proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada
suatu lingkungan belajar yang meliputi guru dan siswa yang saling bertukar
informasi. Kurikulum dan pembelajaran
merupakan sesuatu yang tidak dapat dipisahkan. Karena kedua hal tersebut
sebagai suatu rencana atau program.
Hal
ini ditunjukkan apa yang dideskripsikan kurikulum harus memberikan petunjuk
dalam peroses pembelajaran didalam kelas, dan apa yang terjadi didalam kelas
merupakan masukan yang dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam penyempurnaan
kurikulum. Oleh karena itulah peroses pembelajaran dan penyempurnaan kurikulum
berada dalam satu lingkaran besar yang bergerak secara terus-menerus dan tanpa
ujung.
Bahasa
Pengarang
Bahasa
pengarang dalam buku ini menggunakan bahasa yang komunikatif sehingga mudah
dipahami oleh pembaca atau dengan kata lain pesan yang ingin disampaikan oleh
pengarang dapat dipahami langsung oleh pembaca
Keunggulan
Keunggulan dari Buku ini adalah Mampu
mengetahui hubungan kurikulum dan pembelajaran kepada pembaca dan pada
perinsipnya kurikulum dan pembelajaran
tidak dapat dipisahkan seolah-olah
bagaikan dua sisi dari satu mata uang yang Keduanya sangat penting dan saling
membutuhkan. Dan selanjutnya bagian ketiga dalam buku tersebut membahas tentang
hakikat pembelajaran baik konsep mengajar, belajar dan pembelajaran,
teori-teori belajar , strategi pembelajaran dan termasuk peran guru dalam
peroses pembelajaran.
Kekurangan
Kelemahan
dalam buku ini kualitas kertas buku yang digunakan juga kurang bagus sehingga
mudah cacat dan robek
Kesimpulan
Buku
ini layak dibaca karena didalamnya memuat ilmu pendidikan dan menjelaskan latar
pengembangan kurikulum itu sendiri. Dimulai dari dasar, landasan, desain,
proses, dan prinsip serta model pengembangan kurikulum. Dan pada bagian
selanjutnya pembahasan bertumpu pada hakikat pembelajaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Assalamualaikum Wr.wb
Pesan Berkomentar :
1. Mohon berkomentar yang baik, yang bertujuan untuk memperbaiki dan
bersifat membangun.
2. Dilarang berkomentar untuk yang tidak baik di blog ini atau yang
bertentangan dengan hukum yang berlaku.