Jumat, 01 April 2016

Pena Pelajar RESENSI ANTARA AQIDAH DAN SYAR’IAH



RESENSI ANTARA AQIDAH DAN SYAR’IAH

IDENTITAS BUKU
Judul                : Antara Qidah dan Syar’iah
Penulis             : Ustadz Abu Abdillah Syahrul Fatwa Bin Lukman
Tanggal Terbit  : 27 Maret 2016          
Tebal halaman : 40 hlm

ISI BUKU
Aqidah secara bahasa adalah mengikat sedangkan ssecara istilah keimaan kepada Allah, para malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, para rasul-Nya, hari akhir, dan beriman kepada taqdir baik dan buruknya. Dan pengertian Syari’at secara bahasa pokok yang satu sedangkan secara secar istilah yaitu yang berhubungan degan hukum-hukum amaliyah dan yang berhubungan dengan perintah-perintah dan larangan.
Aqidah dan amalan memiliki keterkaitan yang tidak dapat dipisahkan antara satu dengan yang lainnya. Tidak ada aqidah sahihah yang tanpa amalan, dan tidak ada amalan yang diterima kecuali dengan aqidah yang shahih. Dan iman mengandung aqidah dan amalan, iman memiliki cabang-cabang yang menggabungkan antara aqidah dan syariat. Maka dari itu tidak sah keimanan dengan sekedar keyakinan tanpa adanya amalan.      
Aqidah seseorang bahwasanya bertambah dengan amalan dan berkurang dengan amalan. Dan inti risalah aqidah dan syari’at ialah , aqidah secara batin yang terikat kepadanya hati di dalam ucapannya dan perkataannya, dan amalannya yang merupakan hasil aqidah tersebut. Sehingga dengan adanya keterkaitan yaitu ikatan aqidah dan syaria’at memberikan pengaruh positif atas kaum mukminin di dalam diri mereka, disekeliling mereka, demikian juga pengaruh positif atas masyarakat islam, umat islam dan negeri islam.



KEUNGGULAN BUKU
Keuggulan dari buku ini adalah mampu memberikan informasi tentang nilai, sumber nilai dan bagaimana seseorang muslim  dapat mengetahui keterkaitan antara hubungan aqidah dan syariah.

KELEMAHAN BUKU
Kelemahan dalam buku ini kurangnya memberikan pemahaman dan contoh-contoh bagi pembaca khususnya para pemula sehingga pesan yang diutarakan oleh pengarang tidak tersampaikan pada pembaca.

KESIMPULAN BUKU
Buku ini layak di baca karena didalamnya memuat ilmu pendidikan agama islam, Sebagai upaya untuk membangun sumber daya manusia dan memberi wawasan agama islam yang sangat luas, karena pendidikan menyangkut seluruh aspek kehidupan baik pemikiran maupun pengalamannya. Pendidikan membutuhkan kajian karena kajian semacam ini akan melihat pendidikan agama islam dalam suatu realitas yang komprehensip.  Kajian keislaman  juga memberikan informasi yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan sumber pengetahuan karena hal ini sangat membantu dalam menentukan tujuan akhir seorang muslim sejati.

Load disqus comments

0 komentar