Rabu, 06 April 2016

Pena: Resensi Kurikulum Dan Pembelajaran KTSP



RESENSI BUKU


IDENTITAS BUKU
Judul Buku      : Kurikulum Dan Pembelajaran
Penulis             : Prof. Dr. H. Wina Sanjaya, M.Pd.
Penerbit          : Kencana Prenada Media Group
Cetakan          : Ke-lima, 2013
Jumlah hlm     : xviii, 382 hlm
Jumlah bab     : 4 (empat) bab
Ukuran buku   : 15 X 28 cm
Harga buku    : Rp. 90.000

ULASAN BUKU

Isi Buku
Kurikulum adalah sebuah dokumen perencanaan yang berisi tentang tujuan yang harus dicapai, yaitu isi materi dan pengalaman belajar yang harus dilakukan siswa , strategi dan cara yang dapat dikembangkan, evaluasi yang dirancang untuk mengumpulkan informasi tentang pencapaian tujuan, serta implementasi dokumen yang dirancang dalam bentuk nyata.
Pembelajaran adalah : proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar yang meliputi guru dan siswa yang saling bertukar informasi.    Kurikulum dan pembelajaran merupakan sesuatu yang tidak dapat dipisahkan. Karena kedua hal tersebut sebagai suatu rencana atau program.
Hal ini ditunjukkan apa yang dideskripsikan kurikulum harus memberikan petunjuk dalam peroses pembelajaran didalam kelas, dan apa yang terjadi didalam kelas merupakan masukan yang dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam penyempurnaan kurikulum. Oleh karena itulah peroses pembelajaran dan penyempurnaan kurikulum berada dalam satu lingkaran besar yang bergerak secara terus-menerus dan tanpa ujung.  




Bahasa Pengarang
Bahasa pengarang dalam buku ini menggunakan bahasa yang komunikatif sehingga mudah dipahami oleh pembaca atau dengan kata lain pesan yang ingin disampaikan oleh pengarang dapat dipahami langsung oleh pembaca 

Keunggulan
Keunggulan dari Buku ini adalah Mampu mengetahui hubungan kurikulum dan pembelajaran kepada pembaca dan pada perinsipnya  kurikulum dan pembelajaran tidak dapat dipisahkan  seolah-olah bagaikan dua sisi dari satu mata uang yang Keduanya sangat penting dan saling membutuhkan. Dan selanjutnya bagian ketiga dalam buku tersebut membahas tentang hakikat pembelajaran baik konsep mengajar, belajar dan pembelajaran, teori-teori belajar , strategi pembelajaran dan termasuk peran guru dalam peroses pembelajaran.

Kekurangan
Kelemahan dalam buku ini kualitas kertas buku yang digunakan juga kurang bagus sehingga mudah cacat dan robek

Kesimpulan
Buku ini layak dibaca karena didalamnya memuat ilmu pendidikan dan menjelaskan latar pengembangan kurikulum itu sendiri. Dimulai dari dasar, landasan, desain, proses, dan prinsip serta model pengembangan kurikulum. Dan pada bagian selanjutnya pembahasan bertumpu pada hakikat pembelajaran.







Load disqus comments

0 komentar